top of page
  • Writer's pictureRizqimisme

SENI ADALAH KEBEBASAN BERKREASI DI SEMUA GENERASI

Updated: Apr 13, 2018

Art enables us to find ourselves and lose ourselves at the same time.” - Thomas Merton

Yoo kali ini gue buka konten untuk side art. Siapa ya yang bakal jadi narasumbernya yang keliatan dari judunya?


Nah kenalan dulu deh.. namanya Darlene lesmana, dia umur 15 tahun , dia waktu itu anak didik gue di regina pacis waktu excul sinematografi. Doi anaknya berbakat banget gue liat sampe menangin kompetisi KWN (kid witness news) dan karya filmnya di akuisisi dengan Panasonic loh. Nah selain di fim kalau liat di Instagramnya @darlene.lesmana doi nge-cover beberapa lagu loh. Tapi untuk yang disini gue bakal ngebahas tentang bagian seni lukis yang jadi kebiasaan Darlene ini.


Darlene ini pernah bilang “seni adalah satu-satunya bagian hidup aku yang ga bisa aku lepaskan” luar biasa banget kan? Dan dia udah ngegambar semenjak umur 3 tahun dan main music pas umur 4 tahun (ini ibunya atau keuarga yang ceritain kayanya, soalnya gue pribadi ga inget 3 dan 4 tahun gue ngapain, hehe). Seni juga menjadi cara tersendiri untuk mengkomunikasikan apa yang ada dipikiran tanpa harus secara explisit mengutarakan-nya. Seni juga menjadi sebuah destressor, mencoret-coret kertas dengan pensil untuk mewarnai background dengan agresif kadang-kadang emang melegakan dada. Nah itu kata Darlene.

Dan ini beberapa coretan Darlene yang gue fikir dia sedikit surrealis :


KARTINI

Gambar ini aku buat dalam rangka perayaan Hari Kartini, namun selain Kartini, ada 3 orang aktivis yang digambar fotonya sempat menjadi viral karena keberanian mereka. Gambar ini dibuat dengan pensil dan spidol. Background gambar ini adalah lirik Satisfied – Hamilton; An American Musical’ diatas warna turquoise dan bunga mawar.


HALSEY

Gambar ini adalah gambar Halsey, pelantun lagu-lagu seperti New Americana, Ghost, Colors, Closer, dll. Gambar ini adalah gambar yang cukup simple dibuat hanya dengan pensil, gel pen putih, dan gel pen emas.


JOSH DUN

Gambar ini adalah drummer dari #TwentyOnePilots, yaitu Josh Dun yang aku buat dengan pensil warna dan cat akrilik putih. Gambar ini memakan waktu lama, karena memang jarang menggambar dengan pensil warna. Gambar ini juga dilengkapi dengan gambar anjing dan kucing yang di adaptasi dari peliharaan teman.


FRONTMAN

Ini adalah gambar Brendon Urie, yaitu frontman Panic! At The Disco yang dibuat dengan pensil, krayon, dan lipstick. Gambar ini dibuat berdasarkan perannya dalam music video ‘Boys – Charli XCX’


ALEX

Ini gambar kenalan aku, Alex. Gambar ini dibuat dengan pensil dan pensil warna. Gambar ini cukup simpel, jadi aku potong bentuk segitiga dari kertasnya agar gambarnya bisa menjadi lebih interesting.


Nah itu sedikit karya dari darlene. setelah ini kita bakal bahas tentang dia ngelukis wajah. gimana ya? yuk lanjut.


25 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page