top of page
  • Writer's pictureRizqimisme

3 bentuk unik Mahar pada pernikahan

Updated: Feb 18, 2018

Nah. Apa sih yang kalian tau tentang mahar? Mahar secara etimologi artinya maskawin. Secara terminologi, mahar ialah pemberian wajib dari calon suami kepada calon istri sebagai ketulusan hati calon suami untuk menimbulkan rasa cinta kasih bagi seorang istri kepada calon suaminya. Atau suatu pemberian yang diwajibkan bagi calon suami kepada calon istrinya, baik dalam bentuk benda maupun jasa (memerdekakakn, mengajar, dll). kita bebas menentukan bentuk dan jumlah mahar yang kita inginkan karena tidak ada batasan mahar dalam syariat islam. namun islam menganjurkan agar meringankan mahar. rasullullah saw bersabda "sebaik baiknya mahar adaah yang paling mudah (ringan). " (HR. Al-hakim: 2692).

di Indonesia biasanya mahar ini dilaksanakan dengan memberikan sebuah Al-Qur’an atau terjemahan Al-Qur’an atau seperangkat mukenah untuk sholat. Disamping itu terkadang dibarengi juga dengan sekedar perhiasan cincin untuk istri. Menurut ketentuan Deptartemen Agama mahar dibuat sedemikian ringannya sehingga tidak menghalangi perkawinan, misalnya sebanyak Rp.25,- (dua puluh lima rupiah). Ini tidak perlu menghinakan perempuan yang akan dikawini itu malahan untuk kebaikan secara umum anggota masyarakat Islam di Indonesia.


Dan ini beberapa bentuk mahar / maskawin yang unik yang pernah ada di Indonesia :


  1. Perahu layar


Mempelai pria memberikan maskawin dengan bentuk kapal ini ingin memberikan penjelasan kepada calon istrinya dimana ini adalah awal untuk mengarungi bahtera rumah tangga.


2. bunga



Mempelai pria ini memaknai pemberiannya ini dengan unsur romantisme, dimana bunga selalu melambangkan romantisme disetiap hubungan.


3. wajah kedua mempelai


Mempelai pria memberikan ini karena sekaligus dapat dijadikan hiasan di rumah nya nanti dan dapat menjadi kenangan / kado terindah di peringatan pernikahannya.


Itu penjelasan sedikit tentang keunikan dan penjabaran tentang mahar / maskawin. Jika punya ide unik untuk mahar, silahkan boleh coment dan berbagi disini.



38 views0 comments
bottom of page